Sah, Jokowi Gandeng Ma’ruf Amin untuk Cawapres 2019

Presiden¬† Joko Widodo atau Jokowi akhirnya memutuskan menggandeng Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pilpres 2019. Putusan itu didukung oleh sembilan parpol koalisi pendukung Jokowi, yaitu Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Golkar, PKB, PPP, PDIP, PSI, Perindo, dan PKPI.

Kepastian Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi disampaikan dalam deklarasi pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin yang juga dihadiri sembilan ketua umum parpol pendukung Jokowi.”Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi, yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor Ma’ruf Amin,” kata Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.

Deklarasi ini menyudahi banyak spekulasi yang berkembang selama ini tentang sosok yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapres. Pilihan Jokowi akhirnya berlabuh pada Ketua MUI tersebut.

Jokowi mengaku mempunyai sejumlah alasan menggandeng Ma’ruf Amin.”Mungkin ada beberapa pertanyaan dari masyarakat luas, mengapa Ma’ruf Amin yang dipilih. Beliau adalah sosok utuh sebagai tokoh agama yang bekerja sama,” ucap Jokowi dalam konferensi pers bersama 9 ketua umum parpol koalisi di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dia juga mengatakan, Ma’ruf merupakan sosok yang kaya pengalaman di sejumlah institusi legislatif dan pemerintahan. “Beliau sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, dan Wantimpres,” ucap Jokowi.

Dia juga menyampaikan, Ma’ruf juga menjadi ketua di PBNU. “Rais Aam PBNU dan juga Ketua MUI,” ucap dia.

Dengan pengalamannya yang dimiliki Ma’ruf, Jokowi menilai Ma’ruf sosok yang tepat sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

“Dalam kaitannya dengan Kebhinekaan Profesor Ma’ruf Amin juga menjabat sebagai dewan pengarah BPIP. Demikian yang dapat saya sampaikan,” ucap Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *