Menikah Itu Ibadah

Pernikahan adalah “upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.” Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

Menikah itu adalah Ibadah. Inilah tujuan Pernikahan yang paling Hakiki. Rasulullah pun bersabda :

Seperti yang terdapat pada Al-Quran Surat Ar-Rum Ayat 21 dan Surat An-Nur Ayat 32 untuk pernikahan :

Menikah itu ibadah, tidaklah Allah menciptakan diri ini melainkan hanya untuk beribadah kepada Nya. Seluruh aktivitas dan rutinitas semua ini sepatutnya diniatkan untuk beribadah kepada Nya. Seluruh khilaf kita sepatutnya kita mohonkan ampunan pada Nya. Seluruh nikmat yang kita dapat sepatutnya kita syukuri dengan memuji nama Nya. Setiap ujian yang datang menerpa sepatutnya kita hanya memohon pertolongan Nya.

Menikah itu ibadah, karena kecintaan kita pada istri akan mendorong kita untuk membimbingnya pada kebaikan yang akan menghadirkan kecintaan Allah pada keluarga kita. Adakah cinta lain yang lebih patut kita harapkan dari cintanya Sang Maha Pencinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *